الأصول الفقه 11
مقاصد الشريعة
تعريف المقاصد
المقاصد جمع مقصد
ومعناه قي اللغة : موضع القصد
وفي الإصطلاح : مقاصد الشريعة هي : الغايات
التي وضعت الشريعة لأجل تحقيقها لمصلحة العباد
Makna Maqhasid
Maqhasid adalah jamak dari "maqhasid"
Menurut bahasa, maqhasid
berarti tujuan
Sedangkan Istilah para
ulama maqhasid asy-syariah adalah tujuan-tujuan yang ingin diwujudkan oleh
syariat islam sebagai alasan diturunkannya, demi kemaslahatan hamba-hamba Allah.
Dalil :
Q.S 107 : 21
وماأرسلناك إلارحمة للعالمين
Q.S 28 : 4
يريد الله أن يخفف عنكم ....
Q.S 185 : 2
يريد الله بكم اليسرولايريدبكم العسر
Q.S 78 : 22
وماجعل عليكم في الدين من حرج
فوائد دراسة المقاصد
إبرازعلل التشريع وحكمه
Manfaat
Mempelajari Maqhasid Asy-Syari'ah
1.
Mengungkapkan tujuan, alasan, dan hikmah tasyri' baik yang umum atau yang
khusus, integral atau parsial disegala bidang kehidupan dan dalam setiap ajaran
agama islam
2.
Menegaskan karakteristik islam yang sesuai dengan setiap zaman, abadi,
realistis dan luwes
3. Membantu
ulama dalam berijtihad dalam bingkai tujuan syariat
4. Memadukan
secara seimbang prinsip "mengambil zhahir nash" dengan prinsip
"memperhatikan ruh dan substansi nash"
5.
Mempersempit perselisihan dan ta'ashub diantara pengikut mazhab fiqh
تعريف المصلحة
المصلحة في اللغة : المنفعة , وجمعها :
المصالح
وفي الإصطلاح : جلب منفعةأودفع مضرة
وقال الغزالي : المصلحة : المحافظة على
مقصودالشرع
Makna Maslahat
Secara etimologi,
maslahah artinya manfaat. Bentuk pluralnya : Mashalih
Dalam istilah para ulama,
maslahah adalah mengambil manfaat dan menolak bahaya (kerusakan)
Menurut Imam Ghazali,
maslahah adalah memelihara maksud (tujuan)
syariat
أنواع المصلحة
المصلحة المعتبرة : ماشهدالشارع باعتباره بأن
وضع من الأحكام التفصيلية مايوصل إليه
المصلحة الملغاة : ماشهد الشارع بإلغائه بأن
وضع أحكاما تدل علىعدم الإعتدادبه
المصلحة المرسلة : مالم ينص الشارع على إلغائه
ولا على اعتباره
Jenis Maslahat :
1. Maslahah Mu'tabarah :
maslahat yang diakui oleh syariat dengan tujuan menetapkan rincian hukum dengan
jelas bertujuan mewujudkannya, contoh :
a. menjaga agama melalui
aqidah, kewajiban shalat, syariat jihad, hukum terhadap orang murtad dll
b. memelihara jiwa
melalui syariat qishash
c. memelihara akal
melalui kewajiban menuntut ilmu, pengharaman khamar dan sanksi bagi peminumnya
d. memelihara keturunan
melalui syariat pernikahan, pengharaman zina dan sanksi bagi pelakunya
e. memelihara harta
melalui hukum-hukum transaksi (muamalah maliyah), pengharaman mencuri
dan sanksi bagi pelanggarnya
2. Maslahah Mulghoh :
sesuatu yang dianggap maslahah oleh sebagian manusia manusia namun syariat
dengan tegas menolaknya melalui penetapan hukum yang tidak menganggapnya
sebagai maslahat, contoh :
a. membuat hadits palsu
dengan alasan apapun
b. berlebihan dalam
beragama
c. transaksi ribawi
d. penyamaan jatah
warisan antara laki-laki dengan wanita
3. Maslahah Mursalah : maslahat
yang tidak dinafikan oleh syariat dan tidak pula diakui secara tegas
(didiamkan), contoh :
a. pengumpulan ayat
Al-Qur'an dalam mushaf di masa Abu Bakar
b. penunjukkan Umar oleh
Abu Bakar sebagai penggantinya
c. pengadaan penjara
dimasa Umar
Syarat Penggunaan
Maslahat Mursalah :
Maslahat
itu harus real atau berdasarkan prediksi yang kuat dan bukan khayalan
Maslahat
harus masuk akal dan logis, oleh sebab itu tidak boleh digunakan sebagai ibadah
ritual
Harus
sesuai dengan syariat secara umum dan tidak bertentangan dengan prinsip syariat
dan dalil-dalil qath'i
Mendukung
realisasi maslahat dharuriyat
Jenis masalahat
berdasarkan Prioritasnya :
1. Dharuriyat : masalahat
yang amat menentukan keberlangsungan agama dan hidup manusia didunia dan
akhirat, yang jika maslahah ini hilang, maka berakibat kesengsaraan dunia, dan
hilangnya nikmat serta datangnya azab di akhirat.
Menurut ulama :
a. agama
b. akal
c. jiwa
d. keturunan
e. harta
2. Hajiyat : maslahat
yang dibutuhkan manusia untuk menghilangkan kesulitan atau kesempitan mereka.
Bila tidak terwujud, tidak sampai mengakibatkan kehancuran kehidupan, namun
manusia jatuh pada kesulitan
contoh : berbagai
keringanan (rukhshah) dalam ibadah, syariat thalaq
3. Tahsiniyat : maslahat
yang menjadikan manusia berada dalam adab yang mulia dan akhlaq yang lurus, dan
jika tidak terwujud, kehidupan manusia akan bertentangan dengan nilai-nilai
kepantasan, akhlaq dan fitrah yang sehat
contoh : menutup aurat
dan berpakaian rapi dalam shalat, pengharaman membeli barang yang ditawar orang
lain, taqarrub dengan yang sunnah
0 komentar:
Posting Komentar