Rabu, 21 Desember 2011

MASJID KECIL(mushollah) DAN MASJID


MASJID KECIL(mushollah) DAN MASJID
Selayaknya masjid, masjid kecil (mushollah) juga merupakan tempat dilakukannya segala sesuatu yang bernilai kebajikan dan kemaslahatan umat dalam lingkup kecil, baik yang bersifat ukhrawi maupun duniawi. Namun dalam kenyataannya, fungsi masjid atau masjid kecil (mushollah) yang bersifat duniawi kurang memiliki peran yang maksimal dalam pembangunan umat dan peradaban Islam.
Dengan demikian masjid kecil (mushollah) adalah tempat ibadah kaum muslimin yang memiliki peran penting untuk menunjang peribadatan ummat Islam dengan lingkup kecil, berbeda dengan masjid yang bisa menjangkau masyarakat lebih luas dalam meningkatkan peradapan umat Islam. Sejarah telah membuktikan multi fungsi peranan mushallah atau masjid. Mushollah atau masjid bukan saja tempat shalat, tetapi juga sebagai:
a)      Pusat pendidikan
b)      Pemberdayaan ekonomi umat
c)      Fungsi-fungsi sosial lainnya.
a.       Masjid dan mushollah sebagai pusat pendidikan
Sebagaimana kita ketahui di dalam kalangan masyrakat, dimana ada masjid di situ pula ada tempat untuk mendapatkan ilmu pengetahuan, baik pengetahuan agama ataupun pengetahuan umum. TPA misalnya, sering kita jumpai pada masjid-masjid terdapat lembaga pendidikan tersebut, dan majlis-majlis taklim yang lainnya. Karna mulai dari zaman nabi-pun memanfaatkan masjid sebagai pusat pendidikan
b.      Masjid sebagai pemberdayaan ekonomi umat
Sebagaimana fungsi masjid sebagai sarana untuk maningkatkan peradaban umat islam, tentunya tidak terlepas dari kebutuhan-kebutuhan di dalamnya guna menunjang kemaslahatan umat. Dengan demikian masjidlah sebagai salah satu alternatif untuk menyalurkan infaq, shodaqoh umat islam, bahkan sebagai baitul mal  yang tentunya bisa menunjang berjalannya kegiatan-kegiatan di dalam masjid.

c.       Masjid sebagai fungsi sosial lainnya
Salah satu contoh masjid sebagia fungsi sosial yang sering kita jumpai di kalangan masyarakat adalah tempat untuk bermusyawaroh membahas suatu permasalahan umat.
Dengan demikian Masjid merupakan tempat disemaikannya segala sesuatu yang bernilai kebajikan dan kemaslahatan umat. Bahkan sejarahpun mencatat bahwasanya nabi Muhammad saw memfungsikan masjid An-nabawi sebagai:
v  Pusat ibadah,
v  Pusat pendidikan dan pengajaran,
v  Pusat penyelesaian problematika umat dalam aspek hukum (peradilan)
v  Pusat pemberdayaan ekonomi umat melalui Baitul Mal .
v  Pusat informasi Islam,
v  Bahkan pernah sebagai pusat pelatihan militer dan urusan-urusan pemerintahan Rasulullah.
Masih banyak fungsi masjid yang lain. Singkatnya, pada zaman Rasulullah, masjid dijadikan sebagai pusat peradaban Islam.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar

Text Widget

Daftar Menu