Selasa, 27 Desember 2011

مقاصد الشريعة


الأصول الفقه 11

مقاصد الشريعة
تعريف المقاصد
*  المقاصد جمع مقصد
*  ومعناه قي اللغة : موضع القصد
*  وفي الإصطلاح : مقاصد الشريعة هي : الغايات التي وضعت الشريعة لأجل تحقيقها لمصلحة العباد

Makna Maqhasid
Maqhasid adalah jamak dari "maqhasid"
Menurut bahasa, maqhasid berarti tujuan
Sedangkan Istilah para ulama maqhasid asy-syariah adalah tujuan-tujuan yang ingin diwujudkan oleh syariat islam sebagai alasan diturunkannya, demi kemaslahatan hamba-hamba Allah.

Dalil :
Q.S 107 : 21
وماأرسلناك إلارحمة للعالمين
Q.S 28 : 4
يريد الله أن يخفف عنكم ....
Q.S 185 : 2
يريد الله بكم اليسرولايريدبكم العسر
Q.S 78 : 22
وماجعل عليكم في الدين من حرج

فوائد دراسة المقاصد
*  إبرازعلل التشريع وحكمه



Manfaat Mempelajari Maqhasid Asy-Syari'ah
1. Mengungkapkan tujuan, alasan, dan hikmah tasyri' baik yang umum atau yang khusus, integral atau parsial disegala bidang kehidupan dan dalam setiap ajaran agama islam
2. Menegaskan karakteristik islam yang sesuai dengan setiap zaman, abadi, realistis dan luwes
3. Membantu ulama dalam berijtihad dalam bingkai tujuan syariat
4. Memadukan secara seimbang prinsip "mengambil zhahir nash" dengan prinsip "memperhatikan ruh dan substansi nash"
5. Mempersempit perselisihan dan ta'ashub diantara pengikut mazhab fiqh

تعريف المصلحة
*  المصلحة في اللغة : المنفعة , وجمعها : المصالح
*  وفي الإصطلاح : جلب منفعةأودفع مضرة
*  وقال الغزالي : المصلحة : المحافظة على مقصودالشرع

Makna Maslahat
Secara etimologi, maslahah artinya manfaat. Bentuk pluralnya : Mashalih
Dalam istilah para ulama, maslahah adalah mengambil manfaat dan menolak bahaya (kerusakan)
Menurut Imam Ghazali, maslahah adalah  memelihara maksud (tujuan) syariat

أنواع المصلحة
*  المصلحة المعتبرة : ماشهدالشارع باعتباره بأن وضع من الأحكام التفصيلية مايوصل إليه
*  المصلحة الملغاة : ماشهد الشارع بإلغائه بأن وضع أحكاما تدل علىعدم الإعتدادبه
*  المصلحة المرسلة : مالم ينص الشارع على إلغائه ولا على اعتباره

Jenis Maslahat :
1. Maslahah Mu'tabarah : maslahat yang diakui oleh syariat dengan tujuan menetapkan rincian hukum dengan jelas bertujuan mewujudkannya, contoh :
a. menjaga agama melalui aqidah, kewajiban shalat, syariat jihad, hukum terhadap orang murtad dll
b. memelihara jiwa melalui syariat qishash
c. memelihara akal melalui kewajiban menuntut ilmu, pengharaman khamar dan sanksi bagi peminumnya
d. memelihara keturunan melalui syariat pernikahan, pengharaman zina dan sanksi bagi pelakunya
e. memelihara harta melalui hukum-hukum transaksi (muamalah maliyah), pengharaman mencuri dan sanksi bagi pelanggarnya

2. Maslahah Mulghoh : sesuatu yang dianggap maslahah oleh sebagian manusia manusia namun syariat dengan tegas menolaknya melalui penetapan hukum yang tidak menganggapnya sebagai maslahat, contoh :
a. membuat hadits palsu dengan alasan apapun
b. berlebihan dalam beragama
c. transaksi ribawi
d. penyamaan jatah warisan antara laki-laki dengan wanita

3. Maslahah Mursalah : maslahat yang tidak dinafikan oleh syariat dan tidak pula diakui secara tegas (didiamkan), contoh :
a. pengumpulan ayat Al-Qur'an dalam mushaf di masa Abu Bakar
b. penunjukkan Umar oleh Abu Bakar sebagai penggantinya
c. pengadaan penjara dimasa Umar

Syarat Penggunaan Maslahat Mursalah :
*      Maslahat itu harus real atau berdasarkan prediksi yang kuat dan bukan khayalan
*      Maslahat harus masuk akal dan logis, oleh sebab itu tidak boleh digunakan sebagai ibadah ritual
*      Harus sesuai dengan syariat secara umum dan tidak bertentangan dengan prinsip syariat dan dalil-dalil qath'i
*      Mendukung realisasi maslahat dharuriyat

Jenis masalahat berdasarkan Prioritasnya :
1. Dharuriyat : masalahat yang amat menentukan keberlangsungan agama dan hidup manusia didunia dan akhirat, yang jika maslahah ini hilang, maka berakibat kesengsaraan dunia, dan hilangnya nikmat serta datangnya azab di akhirat.
Menurut ulama :
a. agama
b. akal
c. jiwa
d. keturunan
e. harta

2. Hajiyat : maslahat yang dibutuhkan manusia untuk menghilangkan kesulitan atau kesempitan mereka. Bila tidak terwujud, tidak sampai mengakibatkan kehancuran kehidupan, namun manusia jatuh pada kesulitan
contoh : berbagai keringanan (rukhshah) dalam ibadah, syariat thalaq

3. Tahsiniyat : maslahat yang menjadikan manusia berada dalam adab yang mulia dan akhlaq yang lurus, dan jika tidak terwujud, kehidupan manusia akan bertentangan dengan nilai-nilai kepantasan, akhlaq dan fitrah yang sehat
contoh : menutup aurat dan berpakaian rapi dalam shalat, pengharaman membeli barang yang ditawar orang lain, taqarrub dengan yang sunnah

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar

Text Widget

Daftar Menu